Selasa, 23 Januari 2018

Instalasi dan Konfigurasi SSH Server di Debian 8 Server

Harian Fahrul - Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara instalasi dan konfigurasi SSH Server di Debian 8 Server.
1. Pertama, Install terlebih dahulu paket aplikasi ssh server yaitu openssh-server
Instalasi Paket aplikasi server SSH Server di Debian 8
2. Kemudian langsung ke file konfigurasinya, sebetulnya dengan menginstall dan restart ssh ini, kita sudah bisa menggunakan port ssh ini, hanya saja menggunakan port default yaitu port 22, apabila kita ingin mengganti port-nya, maka kita masuk ke konfigurasi ini, masuk dengan perintah nano /etc/ssh/sshd_config , lalu akan tampil script seperti di bawah ini, cukup kita ganti port 22 dengan port nomor sesuai keinginan kita, namun harus diingat juga , kita tidak bisa menggunakan port aplikasi server lain, seperti port 80, 443, 3128, 53, itu tidak bisa digunakan, sebab merupakan port default aplikasi server lain.
Script konfigurasi file sshd_config
3. setelah selesai, kita save file nya menggunakan perintah ctrl+o dan ctrl+x, kemudian kita restart aplikasi server nya dengan perintah seperti di gambar ini :
Perintah Restart aplikasi SSH server di debian 8
4. Saatnya pengujian, kita bisa menguji ssh di localhost ataupun di windows client dengan menggunakan software putty, kita bisa liat gambar di bawah ini . kita bisa cek dengan menggunakan perintah ssh (user)@(ip address server/domain) . Jika ssh tidak menggunakan port default, maka perintahnya cukup di tambah -p (no. port). contoh seperti gambar di bawah ini :
Contoh pengujian di localhost



Contoh Pengujian SSH Server di Sofware Putty 



0 komentar:

Posting Komentar