Kamis, 25 Januari 2018

Sejarah dan Latar Belakang adanya Jaringan Komputer

Era Digital saat ini, dunia sudah bisa terhubung dengan sedemikian rupanya, berbagai teknologi pun semakin mutakhir, hingga akhirnya menjadi suatu kebutuhan yang dibutuhkan, khusunya dalam jaringan komputer, berbagai kegiatan seperti meeting, konferensi, hingga berjualan, kini bisa dilakukan di dunia maya, ini menjadi fasilitas yang semakin memudahkan khalayak banyak, untuk bertegur sapa tanpa harus bertemu dan memakan waktu lebih lama. seperti slogan "World in your hand", ini sepertinya berjalan dengan mulus, pasalnya orang bisa menemukan apapun, terhubung dengan siapapun dalam dunia maya. tapi tahukah anda, bagaimana sejarah dan latar belakang adanya jaringan komputer ini ?

Pada Tahun 1940-an, di negara Amerika, ada sebuah penelitian yang tujuannya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersamaan. seiring berjalannya waktu ketika jenis komputer mulai bermacam-macam, hingga akhirnya terciptalah super komputer yang waktu itu dikenal dengan harganya yang super mahal juga. karena faktor itu maka ada tuntutan, sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal, dari sinilah muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang kita kenal dengan nama Time Sharing System (TSS), bentuk pertama kali jaringan komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah komputer.
Gambar1. Time Sharing System 


Selanjutnya, Konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam Proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap komputer. 
Gambar 2. Distributed Processing

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun, dan konsep distribusi ini sudah matang, maka barulah penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Dengan itu, mulailah berkemabnga teknologi jaringan komputer, teknologi jaringan lokal yang kita kenal dengan Local Area Network (LAN). Dan dari sinilah , ketika Internet sudah mulai diperkenalkan dan beredar, maka sebagian jaringan LAN tadi yang berdisi sendiri, saling terhubung, hingga akhirnya terbentuk jaringan antar LAN dan mempunyai ruang lingkup yang cukup luas, yang dinamakan MAN (Metropolitan Area Network) , dan pada akhirnya Jaringan MAN ini yang saling terhubung hingga sampai terhubung antar Negara benua dan ruang lingkupnya sangat luas yang dinamakan WAN (Wide Area Network).

0 komentar:

Posting Komentar