Rabu, 17 Januari 2018

Mengoptimasi Halaman dan Konten Website

Hasil Pencarian Google
Harian Fahrul - search engine , inilah yang di sebut SEO. Hal ini perlu dan sangat penting untuk difahami, karena dari sinilah mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan dan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dan tentunya memiliki konten dengan kualitas yang mumpuni. ada 2 macam optimasi yaitu SEO on-page, ada juga SEO off-page, perbedaannya jika on-page, kita mengoptimasi langsung dari dalam website, sedangkan off-page, itu berupa optimasi dari luar, seperti backlink dan lain sebagainya
Untuk mengoptimasi halaman dan konten sebuah website, perlu ada upaya dan hal-hal yang harus di perhatikan yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website terhadap

Tujuan adanya SEO ini adalah tidak hanya menambah visitor, tetapi juga memberikan kesan konten yang bermanfaat kepada visitor ,sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah untuk terus mencari informasi atau artikel yang relevan dalam website tersebut. tingkat kepuasan pengunjung inilah yang menjadi tolak ukur mesin pencari untuk menentukan website mana yang paling relevan untuk menjadi peringkat teratas. 

Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan visitor , yaitu :
1. Content
2. Keyword
3. Judul
4. URL
5. Media Gambar
6. Internal Link
7. Outbound Link
8. Meta Description
9. Performa Website
10. Social Sharing

1. A Good Content
Content, itulah faktor utama Mengoptimasi Halaman dan Konten Website, tidak ada konten yang relevan dan bermutu, pengunjung jarang bahkan takkan ada yang mengunjungi website kita. Namun bagaimanakah konten yang bermutu tersebut :

  • A.) Lebih spesifik, lebih menonjol dan lebih berbobot dibandingkan artikel atau website sejenis yang lain dan mempunyai keunikan tersendiri (Unique Content)
  • B.) Menyelesaikan permasalahan pengunjung website
  • C.) View a long time by visitor
2. Keyword 
Jika menggunakan Google, Bing! atau sejenis, pasti kita akan memasukkan kata kunci dalam pencarian dan mesin telusur akan menampilkan website yang paling relevan dan berkaitan dengan website. Semakin relevan artikel yang kita terbitkan, maka semakin tinggi peringkat website kita dalam mesin telusur.

3. Judul Halaman yang unik
Judul juga sangat penting, karena sangat berkaitan dengan hasil pencarian pada mesin telusur.

Peringkat Artikel dalam hasil pencarian Google

4. URL yang singkat dan sesuai 
Meskipun pengaruhnya tidak terlalu besar, tetapi sebisa mungkin buatlah URL yang relevan dan sinkron dengan artikel yang kita buat.

5. Meta Description 
Meta Description adalah deskripsi yang dimana tampil pada saat hasil pencarian dalam mesin telusur, meskipun ini juga tidak terlalu berpengaruh, tetapi sebisa mungkin hal ini juga di perhatikan untuk meningkatkan optimasi halaman dan konten website.

6. Gambar yang berkualitas tinggi.
Gambar akan membuat website terlihat semakin menarik, selain itu pengunjung juga tidak akan merasakan bosan untuk membaca artikel kita. namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
  • 1. Kompres gambar semaksimal mungkin tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri, karena ini akan mempengaruhi performa website 
  • 2. Gunakan gambar yang sinkron dengan artikel yang diterbitkan
  • 3. Jika menggunakan gambar, mengambil dari google atau website lain, cantumkan dalam caption sumbernya, karena ini berpengaruh dalam hak cipta
7. Referensi berupa Link ke website lain
Poin ini penting untuk membangun image website , terkhusus website baru, karena mesin telusur menginginkan artikel atau konten yang kita terbitkan itu bermanfaat bagi orang lain. dengan mencantumkan link website yang sudah terpercaya dalam artikel atau konten kita, itu akan membuat reputasi website kita meningkat.

8. Kemudahan Bernavigasi dengan adanya Internal Link
Tingkat Kepuasan Pengunjung sangat penting, salah satu yang membuat pengunjung betah berkunjung di website kita adalah kemudahan bernavigasi, dan salah satu faktormya adalah internal link yang dampaknya bisa mempengaruhi bounce rate yang merupakan takaran tingkat kepuasan pengunjung.

9. Social Media is Important 
Social Media juag penting, karena dari sinilah Brand atau website kita bisa dikenal lebih cepat oleh orang banyak, meskipun punya dampak yang tidak langsung juga, namun ini menjadi faktor yang harus diperhatikan oleh owner website, terlebih yang merupakan website baru. Sosial mdia juga bisa menjadi wadah untuk promote website sebelum orang-orang yang akan mencari website anda dalam mesin telusur.

10. Performa Website 
Yang Terakhir adalah Performa Website. Tentu pengunjung menginginkan website yang dikunjunginya itu cepat dan tak memakan waktu yang lama dalam load content , semakin cepat performa website, maka semakinn tinggi juga peringkat website dalam mesin telusur.

0 komentar:

Posting Komentar