Minggu, 05 November 2017

Windows Azure ? Sistem Operasi terbarukah ?

Cloud Computing 
Harian Fahrul - Mendengar nama "Windows" dalam hal teknologi khususnya dunia komputer, mungkin sebagian dari kita mengenalnya sebagai Sistem operasi (OS), namun sekarang Microsoft mengeluarkan dan mengembangkan program baru, Windows Azure, apakah itu Operating System juga ?

Windows Azure ini bukan merupakan Operating system seperti seri-seri yang dikeluarkan seperti Windows 7, 8 atau bahkan 10, namun Windows Azure ini adalah sebuah teknologi yang dikeluarkan oleh Microsoft, yang merupakan sebuah bentuk implementasi Platorm as a service dari teknologi Cloud Computing. Teknologi ini memungkinkan untuk membangun sebuah aplikasi dari sebuah cloud, baik berupa teknologi web application, cloud service ataupun aplikasi yang berjalan di atas virtual machine. 

Salah satu yang menjadi keunggulan Windows Azure ini adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi dari berbagai jenis teknologi dari platform, diantaranya adalah .NET (yang merupakan teknologi keluaran microsoft), JAVA, dan PHP.

Terdapat 3 buah komponen dari teknologi Windows Azure ini :
1. Storage : Merupakan bagian dari teknologi windows azure yang berguna untuk penyimpanan data. terdapat 2 jenis storage, yaitu Azure storage dan SQL storage.
2. Fabric : Merupakan bagian yang berguna sebagai inti dari teknologi ini. diatur oleh Windows Azure Fabric controller yang berguna dalam proses schedulling, management, dan resource allocation.
3. Compute : Merupakan bagian yang berfungsi sebagai proses komputasi, baik secara background maupun foreground. untuk tools nya sendiri diantaranya web role, virtual role dan worker role.

Windows Azure ini mengacu pada teknologi Representational State Transfer) sehingga proses komunikasi antar aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakan protokol HTTP. Keunggulan yang dimiliki Windows Azure dibanding kompetitor lain adalah :
1. Geo Aware : Windows Azure ini berjalan diatas data center microsoft yang tersebar luas di seluruh dunia. Pada saat pengembangan aplikasi cloud, pengembang dapat memilih data center yang terdekat dengan mereka sehingga tingkat konektifitas menjadi lebih tinggi.
2. Resource Elasticity : Kita dapat melakukan penyesuaian resource yang dibutuhkan secara real-tim oleh suatu aplikasi yang sedang berjalan. 

0 komentar:

Posting Komentar